Workshop Pengembangan Kompetensi Literasi Membaca Kreatif bagi Guru di Sleman

Keterangan Foto: 
Workshop Pengembangan Kompetensi Literasi Membaca Kreatif (dok. pbsi uny)

Sleman, Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dari Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (9/3) telah menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kompetensi Literasi Membaca Kreatif untuk Literasi Menulis Beragam Teks Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Sleman Barat. Acara ini berlangsung di Seyegan, Sleman, dengan tujuan utama meningkatkan kompetensi guru dalam literasi membaca dan menulis sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Workshop yang diketuai oleh Prof. Dr. Suhardi, M.Pd., bersama anggota tim yaitu Dr. St. Nurbaya, M.Hum., M.Si., Dr. Ary Kristiyani, S.Pd., M.Hum., Ari Listiyorini, S.S., M.Hum., dan Mei Anjar Kumalasari, S.Pd., M.Pd., diikuti oleh 57 guru dari 29 Sekolah Dasar Muhammadiyah di Sleman Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi guru dalam literasi membaca dan menulis sebagai persiapan mengimplementasikan capaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. 2) Mensosialisasikan Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi bagi Guru pada Sekolah Dasar sesuai dengan Surat Edaran Nomor 0340/B/HK.01.03/2022 kepada guru-guru di wilayah tersebut.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Suhardi, M.Pd., yang kemudian diikuti dengan penyampaian materi oleh para narasumber dari Tim PPM. Selain penyampaian materi, peserta juga diajak untuk praktik literasi menulis berbagai teks seperti puisi, cerpen, dan cerita anak dari hasil literasi membaca kreatif. Dalam sesi praktik ini, peserta mendapatkan bimbingan secara daring untuk mendukung proses pembelajaran.

Kegiatan PPM ini berlanjut pada Sabtu, 27 April 2024, dengan acara presentasi hasil literasi menulis oleh para peserta serta evaluasi bersama. “Workshop ini dilakukan secara tatap muka dan daring sesuai jadwal yang telah disepakati. Nantinya, hasil literasi dari para guru ini akan dibukukan dalam bentuk antologi baik puisi, cerpen, maupun cerita anak,” ujar Prof. Dr. Suhardi, M.Pd. “Harapannya, kegiatan ini dapat mengembangkan kompetensi literasi guru dan mewujudkan guru profesional yang berliterasi,” lanjutnya.

 

Penulis: Mei

Editor: Erlin