Capaian Pembelajaran

  1. Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Capaian belajar program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra In­do­nesia terdiri atas sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan kete­ram­pilan umum disajikan pada Tabel 2 dan 3.
 
 
 
Tabel 2 Capaian Pembelajaran
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
No.
Parameter
Capaian Belajar
1.
Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalan­kan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temu­an orisinal orang lain
    6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan ber­­masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan per­adaban berdasarkan Pancasila
    7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta ke­pedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan ber­masya­rakat dan bernegara
    9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerja­an di bidang keahliannya secara mandiri
    11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
2.
Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai teori-teori dasar kebahasaan
  2. Menguasai teori-teori dasar kesastraaan
  3. Menguasai teori-teori dasar keterampilan berbahasa
  4. Menguasai teori belajar dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  5. Menguasai konsep dan teknik pengembangan pro­gram pembelajaran, penyajian (metode, prosedur, dan teknologi informasi), pengelolaan kelas, serta eva­­­luasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  6. Menguasai prinsip psikologi pendidikan serta sosiologi dan antropologi pendidikan
  7. Menguasai prinsip manajemen pendidikan untuk me­ngembangkan kemampuan supervisi dan moni­toring
  8. Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pen­didikan bahasa dan sastra Indonesia
  9. Menguasai teori-teori dasar jurnalistik
  10. Menguasai teori-teori dasar BIPA
  11. Mengusai teori-teori dasar penulisan buku
3.
Keterampilan Khusus
  1. Menerapkan teori-teori kebahasaan dalam analisis kebahasaan untuk keperluan pembelajaran bahasa
  2. Menerapkan teori-teori sastra dalam ana­lisis  kesastraan untuk keperluan pembelajaran sastra
  3. Menerapkan teori-teori keterampilan berbahasa untuk keperluan pembelajaran bahasa dan sastra
  4. Menerapkan teori belajar dan pem­be­lajar­­an dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  5. Menerapkan konsep dan teknik pengem­bangan program pembelajaran, penyajian (metode, pro­sedur, dan teknologi informasi), pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indon­esia
  6. Menerapkan prinsip psikologi pendidikan serta sosiologi dan antropologi pendidikan dalam pe­laksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  7. Menerapkan prinsip manajemen pen­didik­an untuk melakukan supervisi dan monitoring
  8. Menerapkan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam praktik penelitian dan pengkajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  9. Menerapkan teori jurnalistik dalam bidang kewartawanan
  10. Menerapkan teori dasar BIPA dalam pem­belajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing
  11. Menerapkan teori penulisan buku dalam pengembangan buku teks dan nonteks pelajaran
4.
Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sis­tema­tis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai huma­nio­ra yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau im­plementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang mem­per­hatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan meng­unggah­nya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan  supervisi dan eva­luasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugas­kan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap ke­lompok kerja yang berada di bawah tanggung jawab­nya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumantasikan, menyimpan, meng­aman­kan, dan menemukan kembali data untuk men­jamin kesahihah dan mencegah plagiasi