Langkah Strategis Menuju Mutu: Asesmen Lapangan Magister PBSI UNY Berlangsung Sukses

Keterangan Foto: 
Sesi Foto Bersama Para Asesor Asesmen Lapangan Magister PBSI dan Pimpinan Universitas (dok.pbsi uny)

UNY, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melaksanakan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi program studi pada (25-26/6). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu dan penjaminan kualitas pendidikan tinggi di lingkungan UNY. Dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang ditugaskan dalam asesmen ini adalah Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret dan Prof. Dr. Sumiyadi, M.Hum. dari Universitas Pendidikan Indonesia. Selama dua hari, kedua asesor melakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap berbagai dokumen, serta melakukan wawancara dengan pimpinan, dosen, mahasiswa, alumni, dan mitra kerja sama program studi.

(Foto 1. Pembukaan Asesmen Lapangan)

Acara pembukaan asesmen lapangan dilaksanakan pada Rabu, 25 Juni 2025, di Ruang Sidang FBSB UNY. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, S.Pd., M.Pd., Ph.D. yang dalam sambutannya menekankan pentingnya akreditasi sebagai bentuk evaluasi berkelanjutan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Prof. Dr. Zulfi Hendri, M.Sn., Kepala Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prof. Dr. Teguh Setiawan, M.Hum., Koordinator Program Studi Magister PBSI, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., para pimpinan Direktorat Penjaminan Mutu UNY, para Penjamin Mutu di lingkup fakultas dan prodi, serta tim task force. Para pimpinan menyampaikan dukungan penuh terhadap proses asesmen dan optimisme terhadap capaian akreditasi yang akan diraih.

(Foto 2. Asesor sedang melakukan verifikasi dan klarifikasi dokumen)

Proses asesmen berlangsung dengan lancar dalam suasana akademik yang terbuka dan produktif. Asesor juga melakukan peninjauan terhadap fasilitas penunjang pembelajaran serta menelaah pelaksanaan kurikulum, capaian pembelajaran, kegiatan penelitian, publikasi ilmiah, dan keterlibatan civitas akademika dalam pengembangan program studi. Terselenggaranya asesmen lapangan ini, diharapkan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSB UNY dapat terus memperkuat komitmen terhadap mutu dan daya saing pendidikan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.(lin)

SDGs #4 Pendidikan