Rapat Departemen: Transformasi Departemen Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia

Keterangan Foto: 
Rapat Departemen PBSI (dok.pbsi uny)

Rapat Departemen: Transformasi Departemen Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia

UNY, Kamis (11/1) Departemen Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar rapat yang melibatkan seluruh dosen dan staf departemen. Rapat berlangsung di Ruang Seminar, Gedung W.S. Rendra, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya. Dalam pertemuan rutin tersebut, diketengahkan perihal peningkatan dan pengembangan karir dosen, penyambutan para dosen yang telah menyelesaikan studi doktoral, pengumuman akan hadirnya dosen baru hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, dan pemberitahuan perubahan kepengurusan departemen.

 

Rapat ini dipandu oleh Kepala Departemen Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia, Dr. Teguh Setiawan, M.Hum, yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) PBSI. Agenda pertama adalah membahas tentang pengembangan karir dosen terutama pada pengisian kewajiban laporan Bekan Kerja Dosen (BKD). Dalam pengisian BKD, seluruh komponen Tri Dharma perguruan tinggi harus terpenuhi dengan baik.

(Para dosen PBSI menghadiri rapat departemen)

 

Dalam penyambutan dosen yang baru saja menyelesaikan program doktor (S3), Dr. Teguh Setiawan, M.Hum menyampaikan, "Kami ingin memberikan selamat kepada rekan-rekan yang telah menyelesaikan pendidikan S3. Kami berharap kontribusi ilmiah dan pengalaman baru yang mereka miliki dapat membawa dampak positif bagi perkembangan departemen ini."

 

Untuk meningkatkan jumlah doktoral, dukungan dan motivasi bagi dosen yang tengah menempuh program S3 menjadi perhatian utama. Dr. Teguh menyampaikan, "Dukungan dan motivasi terhadap rekan-rekan yang sedang mengejar gelar doktor sangat penting. Kami ingin menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan akademik dan profesional dosen-dosen kami."

 

Rapat juga mengumumkan perubahan dalam struktur pengurus departemen. Dr. Teguh Setiawan, M.Hum tetap memegang jabatan sebagai Kepala Departemen dan Kaprodi PBSI, Dr. Esti Swastika Sari, M.Hum. tetap menjadi Sekretaris Departemen. Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. ditetapkan sebagai Koordinator Program Magister (S2), Prof. Dr. Wiyatmi, M.Hum. sebagai Koordinator Program Doktor (S3), dan Dr. Nurhadi, S.Pd., M.Hum. sebagai Kaprodi Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo). Perubahan ini disambut dengan semangat positif dari seluruh staf dan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar terhadap pengembangan pendidikan dan bahasa sastra Indonesia di UNY.

 

Dalam pembahasan selanjutnya diperlukan strategi terhadap kehadiran tenaga pengajar baru dari hasil seleksi CPNS tahun 2024, yakni sebanyak 25 dosen. Terkait hal tersebut, Dr. Teguh mengatakan “Rencananya, akan diadakan kegiatan pembekalan dan integrasi bagi mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan akademis UNY.”

 

Langkah-langkah yang ditempuh Departemen PBSI harapannya dapat memberikan dorongan dalam menciptakan lingkungan akademis yang lebih dinamis, inovatif, dan mendukung perkembangan staf pengajar dan mahasiswa. Departemen PBSI berkomitmen untuk menjadi wadah pendidikan yang unggul dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

 

Penulis : Lin

Editor : Eko

Label Berita: