Tingkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, Tim Dosen Departemen PBSI UNY Gelar Workshop Untuk Para Guru

Keterangan Foto: 
Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru SMPN 1 Depok Sleman Yogyakarta

UNY, Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kamis (4/7) telah sukses menyelenggarakan workshop bertajuk "Pengembangan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru" di SMPN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini dipimpin oleh tim dosen yang terdiri atas Dr. Drs. Hartono, M.Hum., sebagai ketua, serta anggota tim: Dr. Drs. Teguh Setiawan, M.Hum.; Dr. Drs. Prihadi, M.Hum.; Erlin Kartikasari, S.Pd., M.Pd.; dan Anis Mashlihatin, M.A.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas penulisan karya ilmiah di kalangan guru-guru SMPN 1 Depok Sleman. Kegiatan dimulai dengan sesi tatap muka pada tanggal 4 Juli 2024 di SMPN 1 Depok Sleman. Selanjutnya, para peserta akan mendapatkan pendampingan secara daring yang akan berlangsung hingga tanggal 4 Agustus 2024, guna memastikan penerapan praktis dari materi yang telah disampaikan.

(Ketua Tim PPM PBSI, Dr. Drs. Hartono, M.Hum.)

Dr. Drs. Hartono, M.Hum., menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai teknik-teknik penulisan karya ilmiah yang efektif kepada para guru. "Kami berharap workshop ini dapat memberikan dampak yang positif dalam peningkatan kapasitas akademik dan literasi di kalangan guru SMPN 1 Depok Sleman," ungkap Dr. Hartono.

Departemen PBSI UNY secara konsisten berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan di tingkat lokal melalui berbagai kegiatan kolaboratif antara perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di sekitarnya. “Partisipasi aktif dari SMPN 1 Depok Sleman dalam kegiatan ini sangat kami apresiasi,” ungkap Dr. Drs. Teguh Setiawan, M.Hum yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen PBSI UNY.

Kegiatan workshop ini juga diisi dengan sesi diskusi dan praktik langsung yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis para guru dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas. Para peserta juga diberikan panduan mengenai cara melakukan penelitian dan merangkai gagasan secara sistematis untuk mendukung proses penulisan mereka.

Lilik Supomo, S.Pd. selaku Kepala Sekolah  SMPN 1 Depok Sleman berharap kegiatan ini dapat memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis karya ilmiah para guru, serta berkontribusi positif dalam pengembangan kurikulum di sekolah.

 

Penulis: Lin

Label Berita: