Perayaan Penutupan Program Transfer Kredit BIPA

Keterangan Foto: 
Sesi foto bersama dosen dan mahasiswa asing fbsb (doc.pbsi uny)

Perayaan Penutupan Program Transfer Kredit BIPA

 

UNY, Selasa (19/12) Raut wajah bahagia tampak terlihat pada wajah para mahasiswa asing Program Transfer Kredit di Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) UNY. Sebagian dari mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah di Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Para mahasiswa tersebut telah menyelesaikan proses belajar di FBSB UNY selama satu dan/atau dua semester. Acara ini merupakan prosesi wisuda mahasiswa asing sekaligus penutupan program pada semester gasal tahun akademik 2023/2024.

 

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh WD RKSIU Dr. Zulfi Hendri, M.Sn. Ada sekitar 35 mahasiswa yang telah mengakhiri kegiatan belajar di FBSB UNY yang berasal dari 4 universitas, yakni Guangdong University of Foreign Studies, Beijing Foreign Studies University, Qujing Normal University, dan Xi’an International Studies University.

(Dosen dan mahasiswa asing program transfer kredit FBSB)

 

Selama belajar di FBSB UNY utamanya di PBSI, mahasiswa asing tersebut tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga di luar kelas. Ada berbagai aktivitas dari berbagai mata kuliah yang diselenggarakan di luar kampus. Pada mata kuliah Bahasa Indonesia dalam Media Massa para mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa media seperti radio, surat kabar, televisi, dan lain-lain. Dengan demikian, mahasiswa dapat belajar secara langsung kepada para ahli dan praktisi dalam sektor media massa. Selain itu, berbagai kegiatan budaya atau ekskursi juga diselenggarakan selama mereka belajar di FBSB UNY seperti lokakarya batik, gamelan, tari tradisional, kunjungan ke Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Makam Raja Imogiri, Candi Borobudur, dan lain-lain.

 

Dalam pidato yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa, ia mengatakan, “kami sangat berterima kasih kepada FBSB UNY, terutama kepada para dosen dan tutor yang telah membantu kami selama belajar di sini. Ini adalah kenangan dan pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Sebelumnya, saya belum pernah datang ke Indonesia dan ini kali pertama bagi saya. Pada awalnya, saya takut, tetapi karena bertemu dengan dosen dan tutor yang baik hati, saya tidak merasa takut lagi.”

 

Dekan FBSB UNY, Prof. Nur Hidayanto PSP, M.Pd., Ph.D. menyampaikan, “selamat kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi di FBSB UNY. Selamat kembali ke negara kalian. Jangan lupakan Indonesia dan tetap belajar bahasa Indonesia.”

 

Acara ditutup dengan penuh kegembiraan melalui penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, sesi foto bersama yang mempererat ikatan kenangan, dan tarian flashmob yang memeriahkan suasana. Selamat kepada seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam kesuksesan program ini!

 

Penulis: Hary

Editor: Lin

Label Berita: