PELATIHAN

Pelatihan Menulis Cerpen Bertema Budaya Lokal bagi Siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional

Menulis bukan hanya merupakan aktivitas fisik yang didukung oleh beragam pengetahuan dan keterampilan. Keterampilan menulis merupakan sebuah anugerah  karena dengannya, kita dapat menerapi diri sendiri sekaligus memberikan pencerahan bagi manusia lainnya. Demikian yang disampaikan Naning Pranoto, M.A. dalam kegiatan Pelatihan Menulis Cerpen Bertema Budaya Lokal bagi Siswa SMA/SMK/MA Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Indonesia (Jumat, 5/8). Pendapat senada disampaikan oleh Prof. Dr. Suminto A Sayuti yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Mendorong Produktivitas Literasi Akademik Guru, Tim PkM Departemen PBSI Menggelar Pelatihan Menulis di MAN 1 Yogyakarta

UNY, Tim dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta (24/6) dengan fokus pada Pelatihan Penulisan Karya dan Publikasi bagi Guru-Guru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi akademik guru sekaligus mendorong produktivitas mereka dalam menulis artikel ilmiah populer yang dapat dipublikasikan secara luas.

Tim PkM Departemen PBSI UNY Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi Siswa MAN 2 Magelang untuk Tingkatkan Literasi dan Prestasi Akademik

UNY, Sebanyak 31 siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Magelang antusias mengikuti workshop penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh tim dosen Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (13-14/6) di lingkungan MAN 2 Magelang.

Tim PkM Departemen PBSI UNY Berikan Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Membaca Berbasis Pembelajaran Mendalam Bagi Guru-Guru SMP di Kota Yogyakarta

UNY, Tim PkM Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Seni dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (12/6) menyelenggarakan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran membaca berbasis pembelajaran mendalam (deep learning) bagi guru-guru SMP di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr.

Tim PkM Departemen PBSI UNY dan KKMI Kota Malang Kembangkan Penulisan Praktik Baik di Sekolah

UNY,  Tim PkM Departemen PBSI, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya menyelenggarakan pelatihan penulisan praktik baik yang ditujukan kepada para kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Malang. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (17/5) di Aula MAN 2 Kota Malang. Pelatihan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Suroso, M.Pd., guru besar bidang sastra dari UNY.

Tim PkM Departemen PBSI UNY dan Dindikpora DIY Gelar Pelatihan PTK untuk Guru SD Kelas Rendah

UNY, Dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, Tim PkM (Pengadian kepada Masyarakat) Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBSB Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SD kelas rendah di Daerah Istimewa Yogyakarta (6–8/5). Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum., menggantikan almarhum Prof. Dr.

Tingkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, Tim Dosen Departemen PBSI UNY Gelar Workshop Untuk Para Guru

UNY, Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kamis (4/7) telah sukses menyelenggarakan workshop bertajuk "Pengembangan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru" di SMPN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini dipimpin oleh tim dosen yang terdiri atas Dr. Drs. Hartono, M.Hum., sebagai ketua, serta anggota tim: Dr. Drs. Teguh Setiawan, M.Hum.; Dr. Drs.

Creative Reading Literacy Competency Development Workshop for Teachers in Sleman

Sleman, the Community Service Team (PPM) from the Department of Indonesian Language and Literature Education, Yogyakarta State University (9/3) has held a Workshop on Creative Reading Literacy Competency Development for Muhammadiyah Elementary School Teachers in West Sleman. This event took place in Seyegan, Sleman, with the main goal of improving teachers' competence in reading and writing literacy in accordance with the Independent Curriculum.