You are here
Capaian Pembelajaran
SIKAP |
|
S-1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S-2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S-3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S-4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
S-5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S-6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S-7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S-8 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akedemik |
S-9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S-10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
KETERAMPILAN UMUM |
|
K-1 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/ konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif |
K-2 |
Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi |
K-3 |
Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/ atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal |
K-4 |
Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas |
K-5 |
Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat |
K-6 |
Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada d ibawah tanggung jawabnya |
K-7 |
Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya |
K-8 |
Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga |
PENGETAHUAN |
|
P-1 |
Menguasai filsafat keilmuan (bahasa, sastra, pendidikan, dsb.) |
P-2 |
Menguasai teori-teori mutakhir bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya |
P-3 |
Menguasai kebijakan pendidikan, budaya, bahasa, dan sastra Indonesia |
P-4 |
Menguasai metodologi penelitian dengan pendekatan multi-, inter-, atau transdisipliner bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
KETERAMPILAN KHUSUS |
|
KK-1 |
Mampu mengembangkan teori pendidikan bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan filsafat keilmuan |
KK-2 |
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dengan menerapkan pendekatan inter-, multi-, atau transdisipliner bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
KK-3 |
Mampu memublikasikan karya ilmiah bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada jurnal internasional bereputasi |
KK-4 |
Mampu menciptakan wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan |
Information Systems
Contact us
Copyright © 2024,