Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri Multiliterasi, Dosen PBSI Raih Gelar Doktor

Keterangan Foto: 
Sesi foto bersama para dosen Departemen PBSI (dok.pbsi uny)

Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri-Multiliterasi, Dosen PBSI Raih Gelar Doktor

UNY-- Kegelisahan untuk menciptakan generasi masa depan yang cendekia, mendorong salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), UNY, Dr. Ary Kristiyani, M.Hum., mengembangkan model pembelajaran menulis. Sebagai puncak keterampilan berbahasa, kemampuan menulis dipandang mencerminkan tingkat kecendekiaan seseorang. Menurut dosen kelahiran Pati, 28 Februari 1979 tersebut, masalah yang dihadapi generasi masa kini yakni kesulitan menyuarakan ide malalui tulisan nonfiksi, yang melibatkan seluruh kemampuan pembelajaran, secara logis, sistematis, analitis, dan mampu merumuskan pemikiran dengan percaya diri. Terlebih di era multiliterasi yang berupa multibahasa dan multimodal budaya.

"Bedasarkan kondisi yang ada, pengembangan model pembelajaran menulis faktual berbasis inkuiri multiliterasi dapat ikut menyiapkan generasi cendekiawan," ujarnya dalam sidang terbuka promosi doktor Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta di Cine Club (11/12).

Tampil sebagai ketua penguji, Prof. Dr. Suminto A. Sayuti didampingi oleh promotor sekaligus penguji, Prof. Dr. Wiyatmi, M.Hum.; kopromotor sekaligus sekretaris penguji, Prof. Dr. Maman Suryaman, M.Pd.; dan dua penguji internal Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si. dan Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. Penguji eksternal dihadirkan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum., yang menggali dengan pertanyaan tentang sejauh mana keunggulan model menulis faktual berbasis inkuiri multilerasi dibandingkan dengan model lain dan langkah-langkah aktual yang akan dilakukan setelah menyandang gelar doktor.

Gelar doktor ini merupakan langkah awal Dr. Ary untuk terus mengembangkan produk-produk literasinya. Diketahui bahwa Dr. Ary Kristiyani, M.Hum. merupakan lulusan doktor ke-74 dari Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta. Keluarga besar PBSI UNY berbahagia dengan bertambahnya doktor baru.(et)

 

Penulis: Eko

Editor: Erlin

Label Berita: