Mendukung Peningkatan IKU 4, Dosen PBSI Mengikuti Pelatihan MS-Office

Keterangan Foto: 
Sesi Ujian MS-Office (dok.pbsi uny)

Mendukung Peningkatan IKU 4, Dosen PBSI Mengikuti Pelatihan MS-Office

UNY, Dalam upaya mendukung peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU), para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengikuti pelatihan intensif Microsoft Office di Puskom UNY. Pelatihan ini merupakan kerja sama antara UNY dengan LSP Teknologi Digital, pendukung BSNP (13/12). Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari program pengembangan kompetensi dosen yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengajar dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Peserta pelatihan berasal dari kalangan dosen muda PBSI yang memiliki peran strategis dalam mencetak generasi penerus guru bahasa dan sastra Indonesia. 

Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, hari pertama materi disampaikan oleh Ir. Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng. dari Departemen Teknik Elektro dan Elektronika Fakultas Vokasi UNY yang mencakup berbagai aspek tentang penggunaan Microsoft Office, termasuk Word, Excel, dan PowerPoint. Materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan dosen PBSI dalam menyusun materi pembelajaran, melakukan analisis data, dan membuat presentasi yang menarik. Hari kedua dilakukan uji kompetensi dengan didampingi para asesor LSP Teknologi Digital.

Dr. Teguh, Ketua Departemen PBSI, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dosen muda dalam menghadapi era digital saat ini. "Penggunaan Microsoft Office bukan hanya sebagai keterampilan teknis, tetapi juga sebagai alat bantu untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan efektif," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pencapaian IKU UNY terkait IKU 4, yakni praktisi yang mengajar di kampus yang memberikan pelatihan kepada para dosen tentang penerapan teknologi informasi dalam proses akademik. Dengan peningkatan kompetensi dosen, diharapkan kualitas pembelajaran di PBSI UNY dapat terus meningkat, mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Para peserta pelatihan menanggapi kegiatan ini dengan antusias. Dosen PBSI berharap peningkatan keterampilan dalam menggunakan Microsoft Office ini dapat membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, sekaligus memberikan dampak positif terhadap prestasi mahasiswa. Pelatihan ini menjadi salah satu langkah nyata dalam mendukung visi UNY sebagai perguruan tinggi yang unggul, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Dengan adanya inisiatif seperti ini, diharapkan PBSI  terus menjadi pusat pendidikan yang berkontribusi nyata terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.(ek)

 

Penulis: Erlin

Editor: Eko

Label Berita: