Tim PBSI FBS UNY Berhasil Terbiayai DIKTI

Keterangan Foto: 
Dyah Ayu Putri Utami, Luthfina Lailatul Mahmudah, Anggreyani Praditiya Utami, dan Fadzilah Dewi Subekti

KARANGMALANG –  Dyah Ayu Putri Utami, Luthfina Lailatul Mahmudah, Anggreyani Praditiya Utami, dan Fadzilah Dewi Subekti patut berbangga. Pasalnya, program PKM keempat mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta itu berhasil lolos didanai oleh dikti.  Program PKM tersebut adalah “Pesta Rakyat: Penulisan Cerita Rakyat bagi Anak-anak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul”.

Sasaran program tersebut adalah anak-anak usia 9-12 tahun di sekitar wisata Goa Pindul.  Anak-anak di sekitar objek wisata tersebut menjadi sasaran guna mengantisipasi pengaruh negatif lingkungan wisata. Selain itu, adanya keluhan kepala sekolah yang menyatakan bahwa minat baca anak-anak sangat rendah. Di daerah tersebut memang ada   Sekolah Pindul, tapi kegiatannya masih terbatas pada bimbingan belajar yang sepi peminat. Oleh karena itu, tim PKM PBSI UNY menjadi amunisi tersendiri untuk meningkatkan tingkat literasi anak-anak di sekitar Goa Pindul.

Dalam program tersebut anak-anak didampingi mahasiswa tim PKM untuk belajar menulis cerita rakyat. Mengapa belajar menulis cerita rakyat? Hal ini ini tentunya karena dengan belajar menulis anak-anak perlu membaca berbagai referensi dan termasuk juga melakukan pengumpulan data secara wawancara. Artinya melalui belajar menulis secara bertahap, anak-anak sekaligus belajar membaca dan meningkatkan aspek literasi yang lain.

Kegiatan Pesta Rakyat tersebut berlangsung kurang lebih lima bulan (Maret s.d. Juli 2017). Pelaksanaan pembimbingan berlangsung selama 8 kali setiap hari Minggu. Materi pendampingan adalah tentang pembelajaran menulis sesuai dengan tahap-tahap penulisan dengan menggunakan metode dan media yang menarik bagi anak-anak.  Puncak kegiatan tersebut adalah tersusunnya antologi Cerita Rakyat Goa pindul sejumlah 60 cerita rakyat khususnya Goa Pindul dan Indonesia pada umumnya. Antologi tersebut telah diterbitkan oleh K-Media dan sudah ber-ISBN. Program ini juga menjadi pengisi program acara “Blusukan” di Jogja TV yang telah ditayangkan pada 14 Juli 2017 pukul 19.30 WIB.

Program ini diharapkan tetap berlangsung sebagai kegiatan rutin.  Oleh karena itu,  pihak pengelola Sekolah Pindul berencana akan memasukkan pelatihan menulis sebagai paket wisata  Goa pindul. Selain itu, pihak KPAD Gunung Kidul juga menjadi mitra dalam program ini untuk melanjutkannya dan menyebarkannya ke desa lain. [nhy]

Label Berita: