Visi & Misi

SEJARAH


Sejarah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdiri dari dua prodi, yaitu prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo). Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia berdiri pada 15 Agustus 1997 dan mendapat peringkat (nilai) akreditasi A berdasarkan SK 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN

 

VISI


Pada tahun 2025 menjadi program studi kependidikan di  tingkat ASEAN dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

MISI


Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia merumuskan misi kelembagaannya sebagai berikut.

  1. Mengembangkan dan memantapkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Mengembangkan dan memantapkan secara sistemik dan sinergis kemam­puan kelembagaan program studi secara efektif dan efisien sebagai pro­gram studi yang memiliki jati diri kependidikan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang sinergis dengan pro­gram penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pen­didik­­an Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Menyelenggarakan penelitian yang sinergis dengan program pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  5. Menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masya­rakat untuk ikut memberdayakan masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  6. Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

 

Tujuan


Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kemampuan kelembagaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agar tercapai efektivitas dan efisiensi sebagai program studi yang memiliki jati diri kependidikan.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan penekan­an semangat otonomi daerah dan kepentingan nasional dalam era global.
  3. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang Pen­didik­an Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masya­rakat untuk ikut memberdayakan masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  5. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri.