Visi Misi

Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY adalah mengembangkan ilmu  bahasa, sastra, dan pembelajarannya dalam konteks ke-Indonesia-an.

 

Tujuan Program Studi

  1. Mewujudkan kapabilitas  sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dalam bidang  bahasa, sastra dan pembelajarannya dalam konteks ke-Indonesia-an  

  2. Mewujudkan penelitian  dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

  3. Mewujudkan  pengabdian kepada masyarakat  dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.

  4. Mewujudkan kerja sama dalam bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya dalam konteks ke-Indonesia-an. 

  5. Mewujudkan kontribusi di tingkat regional dan internasional kegiatan penelitian, pengabdian, dan kerja sama dalam bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya dalam konteks ke-Indonesia-an. 

 

 

Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi

No.

Parameter

Capaian Belajar

1.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 

  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 

  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 

  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

2.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori-teori kebahasaan 

  2. Menguasai teori-teori kesastraan

  3. Menguasai teori-teori keterampilan berbahasa

  4. Menguasai teori belajar dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

  5. Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman.   

  6. Menguasai prinsip-prinsip pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.  

  7. Menguasai metodologi penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia  dan pembelajarannya. 

  8. Menguasai teori jurnalistik, pembelajaran BIPA, dan pengembangan bahan ajar 

3.

Keterampilan Khusus

  1. Menerapkan teori-teori kebahasaan dalam analisis kebahasaan untuk keperluan pembelajaran bahasa

  2. Menerapkan teori-teori sastra dalam analisis  kesastraan untuk keperluan pembelajaran sastra

  3. Menerapkan teori-teori keterampilan berbahasa untuk keperluan pembelajaran bahasa dan sastra

  4. Menerapkan teori belajar dan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

  5. Menerapkan konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan zaman.   

  6. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.  

  7. Menerapkan  metodologi penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia  dan pembelajarannya. 

  8. Menerapkan teori jurnalistik dalam pengembangan karya jurnalistik di media massa,  pembelajaran BIPA dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing, dan  penulisan bahan ajar  dalam bentuk pengembangan buku teks dan nonteks pelajaran.

4.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, 

  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan  supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi